085776699868
085776699868
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

5 Peralatan Saat Bersepeda Jarak Jauh yang Wajib Disiapkan

Sunday, July 5th 2015.

Bersepeda di sekitaran lingkungan rumah tentu tidak membutuhkan banyak persiapan. Lain halnya jika Anda berencana untuk melakukan touring atau bersepeda jarak jauh. Baik touring sepeda sendiri maupun bersama rombongan, tentunya ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan seperti stamina dan peralatan yang mesti dibawa. Nah, untuk memudahkan dalam mempersiapkan diri, sebaiknya simak daftar peralatan saat bersepeda jarak jauh yang wajib dibawa.

perlengkapan-touring

  1. Cable tie

Istilah cable tie mungkin terdengar asing di telinga. Cable tie atau dikenal juga dengan nama Tyraps adalah tali yang digunakan untuk mengikat sekumpulan kabel. Cable tie dapat pula dipakai untuk mengikat apapun yang hendak diikat dan disatukan. Berkaitan dengan kegiatan bersepeda, cable tie bisa diandalkan untuk pertolongan pertama saat sepeda mengalami putus rantai. Cara penggunaannya sangatlah mudah. Gunakan cable tie ini untuk menyambungkan dua pin dari rantai yang putus. Cable tie ini akan mengikat rantai sehingga rantai bisa disambungkan dengan penyambung rantai. Cable tie ini bisa diperoleh dengan mudah di toko-toko perlengkapan listrik dan juga di supermarket.

  1. Pompa ban

Banyak resiko yang bisa saja terjadi selama touring sepeda, salah satunya ban kempes. Untuk itu siapkan peralatan pompa ban. Saat ini telah tersedia jenis pompa ban yang praktis untuk dibawa yakni jenis pompa ban portable. Pompa ban juga sangat diperlukan setelah proses penambalan ban yang bocor dilakukan.

  1. Toolkit

Toolkit ini terdiri dari kunci L, peralatan pembuka ban, peralatan untuk membuka rantai dan juga obeng. Siapkan dan gabungkan toolkit ini menjadi satu tempat agar mudah ditemukan saat diperlukan. Di toko-toko peralatan sepeda, biasanya toolkit dijual dalam bentuk satu paket lengkap. Anda bisa mendapatkan paket toolkit ini sehingga tidak ada peralatan yang terlupakan.

  1. Penambal ban darurat

Penambal ban darurat ini berupa lembaran karet untuk menutup lubang pada ban yang bocor dan lem yang cukup kuat. Peralatan saat bersepeda jarak jauh yang satu ini wajib dibawa jika Anda tidak membawa ban dalam cadangan. Walaupun sesungguhnya penambal ban darurat ini sebaiknya tetap dibawa meskipun ada ban cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi bila ban dalam cadangan sudah terpakai dan ban sepeda kembali bocor. Selain membawa penambal ban darurat, pesepeda pun wajib memiliki keterampilan untuk membuka ban dan melakukan penambalan ban sendiri.

  1. RD Hanger

RD (Rear Derailleur) Hanger atau disebut juga anting RD merupakan komponen kecil namun sangat penting dalam aktivitas bersepeda. Komponen kecil ini terletak di ujung bawah kanan frame. Komponen kecil yang terbuat dari alumunium ini bisa diperoleh di toko-toko sparepart sepeda. Saat touring sepeda, resiko RD hanger patah bisa terjadi pada medan yang berlumpur. Lumpur yang mengenai rantai membuat rantai menjadi macet kemudian RD hanger pun tertarik hingga kemudian patah. Para pehobi sepeda gunung yang gemar berpetualang di medan-medan yang menantang wajib membawa RD hanger cadangan untuk mengganti jika RD hanger sewaktu-waktu patah.

Selain 5 peralatan saat bersepeda jarak jauh yang wajib dibawa tersebut, jangan lupa untuk mengenakan jersey sepeda yang nyaman saat touring atau bersepeda jarak jauh. Sepertinya hal ini tampak sepele namun sesungguhnya akan mempengaruhi kenyamanan saat bersepeda. Jersey yang nyaman dikenakan akan membuat pesepeda tidak merasa panas berlebihan dan keringat terserap dengan baik sehingga stamina tubuh tetap prima sepanjang perjalanan.

Produk Sepeda yang dicari :

perlengkapan sepeda touring, perlengkapan touring sepeda, perlengkapan bersepeda, touring sepeda jarak jauh, perlengkapan sepeda jarak jauh, bersepeda jarak jauh, peralatan bersepeda, persiapan touring sepeda, persiapan bersepeda jarak jauh, celana untuk bersepda jauh

Produk terbaru