085776699868
085776699868
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

5 Strategi Recovery Pasca Bersepeda Jarak Jauh yang Melelahkan

Monday, July 6th 2015.

Bersepeda jarak jauh memang sangat menantang terutama bagi para pesepeda yang ingin melatih berbagai teknik bersepeda dan juga ingin melatih ketahanan dalam bersepeda. Sayangnya, cukup banyak pehobi sepeda yang tidak melakukan recovery pasca bersepeda jarak jauh. Recovery seringkali terlupakan karena kecintaan yang begitu besar pada kegiatan bersepeda. Padahal waktu untuk melakukan recovery sangat diperlukan bagi tubuh. Nah, berikut ini beberapa strategi recovery tubuh yang sebaiknya dilakukan setelah bersepeda jarak jauh.

recovery-sepeda

  1. Recovery aktif

Jarak jauh yang ditempuh dengan bersepeda tentu memakan waktu berjam-jam. Tubuh pastilah merasakan efeknya. Misalnya di bagian tulang ekor, lengan dan punggung adalah beberapa titik yang paling terasa pegal, terkadang terasa panas. Karena itu luangkan waktu untuk beristirahat dengan cukup. Lakukan istirahat ini selama satu atau dua hari penuh tanpa melakukan aktivitas bersepeda. Sebagai gantinya, lakukan recovery aktif misalnya saja dengan berjalan-jalan atau berenang.

  1. Pemanasan untuk Bersepeda Kembali

Setelah cukup beristirahat, sebaiknya jangan terburu-buru untuk kembali bersepeda. Jika ingin kembali bersepeda, lalukan adaptasi terlebih dahulu dengan melakukan pemanasan paling tidak sekitar 20 menit saja. Ini penting dilakukan untuk merenggangkan otot-otot setelah masa istirahat. Pemanasan tersebut bisa dilakukan dengan easy riding atau bersepeda dengan kecepatan ringan. Setelah itu barulah tambahkan waktunya. Tujuannya untuk mulai mengatur kembali pernafasan.

Dalam fase pemanasan ini, sebaiknya pilihlah medan atau rute bersepeda yang lebih bersahabat. Misalnya saja rute-rute datar, sweet spot atau tanjakan dan turunan yang ringan. Medan-medan seperti ini memberi kesempatan bagi tubuh untuk beradaptasi sebelum mencoba rute-rute yang lebh menantang lainnya.

Sesudah melewati rute-rute yang bersahabat, lakukanlah sprint. Sprint ini cukup diakukan sebanyak 25 kali pedal stroke. Ulangi sprint ini sebanyak sekitar enam kali dengan memberikan jeda untuk masing-masing sprint. Teknik pemanasan dengan sprint ini tak lain bertujuan untuk peregangan otot-otot kaki.

  1. Mengembalikan cairan tubuh

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup menjadi salah satu upaya recovery pasca bersepeda jarak jauh. Air putih yang diminum berfungsi untuk mengantikan cairan yang hilang di dalam tubuh. Selain air putih, jus buah pun bisa menjadi alternatif untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika touring.

Tak hanya di masa recovery saja, air putih juga wajib dikonsumsi saat bersepeda, baik ketika bersepeda jarak jauh maupun jarak dekat. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari biasanya. Jika keringat yang keluar tidak diimbangi dengan cairan baru maka dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

  1. Nutrisi yang tepat

Konsumsilah makanan-makanan bernutrisi untuk mengimbangi istirahat dan pemanasan yang dilakukan. Misalnya dengan mengkonsumsi buah, sayur, daging, susu maupun vitamin. Cara ini efektif untuk me-recovery tubuh. Khususnya untuk vitamin atau suplemen, bila dirasakan latihan fisik untuk pemanasan dan asupan sudah membuat tubuh kembali fit, maka mengkonsumsi vitamin bisa dikesampingkan.

Namun jika dirasakan kondisi tubuh belum fit sepenuhnya, multivitamin dan mineral bisa dikonsumsi. Misalnya saja glutamin yang kerap dikonsumsi oleh para atlet untuk mengganti kelelahan pada otot dengan cepat terutama setelah melakukan latihan berat. Atau magnesium untuk mencegah nyeri otot dan juga kelelahan pada otot.

  1. Pijat

Apakah Anda tidak terbiasa dipijat atau massage? Sesekali Anda perlu mencobanya pasca touring sepeda jarak jauh. Para atlet pun melakukan hal ini untuk mengurangi resiko kram otot dan membantu melemaskan otot-otot pasca kegiatan bersepeda yang menguras tenaga. Khusus untuk para pesepeda, pemijatan bisa difokuskan pada bagian kaki.

Nah, 5 strategi recovery pasca bersepeda jarak jauh tersebut bisa Anda lakukan untuk mengembalikan stamina tubuh. Dengan stamina yang kembali prima, rute-rute sepeda yang menantang pun siap untuk ditaklukkan.

Produk Sepeda yang dicari :

tips setelah gowes jauh, cara mengembalikan stamina sepeda bersepeda, cara memulihkan fisik sehabis touring sepeda, cara bersepeda yg tdk melelahkan, cara agar badan lebih fit setelah gowes jauh, bersepeda yang melelahkan, bersepeda jauh, bersepeda jarak jauh bagi tubuh, atlet kelelahan bersepeda, asupan untuk recovery menjelang bersepeda jarak jauh

Produk terbaru