087895085317
087895085317
D24DE533
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Cara Menambal Sendiri Ban Sepeda MTB

Saturday, September 20th 2014.

Melewati jalur offroad yang penuh rintangan bersama sepeda MTB sangatlah memacu adrenalin goweser. Mulai dari trek jalan tanah yang menanjak, kelokan yang berkerikil dan turunan yang berbatu. Selain adrenalin yang terpicu tak jarang kesialan juga menimpa goweser, kadang terjatuh bahkan mengalami kebocoran ban. Dan di jalur offroad yakinlah akan susah mencari tukang tambal ban. Kalau beruntung mungkin goweser masih mempunyai cadangan ban dalam, atau teman seperjalanan mungkin membawa juga, tapi kalau tidak ada? Maka mau tidak mau goweser harus menambal ban sendiri. Berikut mari kita kupas bagaimana Cara Menambal Sendiri Ban Sepeda MTB goweser.

Pengetahuan cara  menambal ban Sepeda merupakan pengetahuan dasar yang wajib dikuasai oleh goweser sepeda gunung. Peralatan untuk menambal ban adalah sebagai berikut;


– Multi tool sepeda MTB. Biasanya sudah termasuk tyre leveler/ penyungkil ban, umumnya berbahan plastik yang keras, agar tidak membuat rim lecet.
– Pompa tangan
– Lem dan penambal ban, biasanya di toko sepeda atau supermarket ada menjual satu set penambal ban yang terdiri dari lem dan penambal ban yang berbentuk stiker.
Berikut langkah langkah dalam mengganti ban bocor.

Langkah Pertama


Carilah tempat yang aman untuk mengganti ban. Balikkan sepeda MTB sehingga kedua roda di atas sedangkan handle bar dan sadel sebagai penopangnya. Kemudian lepaskan roda sepeda gunung yang bocor, perhatikan sistem pengikat hub roda ke frame;
– Sistem quick release tidak memerlukan kunci tambahan. Jika menggunakan rem v-brake lepaskan pengaitnya agar roda tidak tersangkut pada brake-pad. Dengan menarik tuas quick-release dari posisi close ke open.
* Jika roda depan yang bocor, pastikan  jika hub punya ring penahan secunder lepaskan dahulu dari crank, kemudian putar 6 kali tension-adjusting-nut dan angkat roda agar terlepas dari crank.
* Dan jika roda belakang, posisikan RD pada sprocket paling kecil kemudian tarik kebelakang, putar tuas quick-release di posisi open dan angkat roda belakang sampai keluar dari frame dimana posisi derailleur masih ditarik ke belakang.
– Sistem bolt on memerlukan kunci pas atau kunci ingris 6 inchi untuk mengendurkan mur yang mengikat roda pada crank.
* Tidak perlu membuka kunci sampai penuh  cukup membuat ikatan roda dan crank longgar dan roda bisa ditarik keluar (agar mur tidak terlepas dari hub dan jatuh ke trek offroad yang bisa membuat goweser susah mencarinya).

Langkah Kedua


Kempiskan ban terlebih dahulu (jika pentil ban jenis France valve/ jarum putar saja penguncinya dan tekan pentil sampai semua angin keluar dari ban, dan bila jenis American valve/ shreder tekan saja pentil dengan ujung penyungkil ban sampai angin keluar semua).

Keluarkan ban luar dari rim dengan mengunakan ujung pipih tyre leveler, setelah sebagian sisi ban luar keluar dengan mengikuti sisi rim dorong penyungkil  kesamping sampai terlepas dan ban dalam bisa ditarik keluar dari rim.
* untuk pentil France valve lepaskan mur pengunci dan dorong pentil kedalam baru tarik ban dalam keluar.
* untuk American/ United States valve dorong kedalam sampai pentil terlepas dari rim baru tarik ban dalam keluar.

Langkah Ketiga
Periksa kebocoran ban dalam segera. Jika disekitar ada sungai atau setidaknya genangan air bisa dimanfaatkan untuk mencari letak bocor ban dimana dengan cara memasukan ban ke dalam air dan teliti dimana ada gelembung keluar maka disanalah letak bocor dan segera tandai. Dan jika persediaan air minum cukup banyak boleh juga dipergunakan sedikit untuk mencari kebocoran ban dengan cara menyiramkan berlahan di atas ban dalam dan perhatikan yang mana mengeluarkan gelembung udara dan tandai. Jika kedua hal sebelumnya tidak ada maka cobalah memompa ban dalam sampai penuh dan periksa dengan telapak tangan goweser dimana ada hembusan angin dari dalam ban maka tandai. Setelah memastikan lokasi bocornya ban dalam, bersihkan dan beri lem untuk merekatkan penambal ban, kemudian tunggu sampai kering betul.

Langkah Keempat
Setelah ban dalam aman dari bocor, masukan kembali ke dalam roda. Pertama masukan pentil kedalam lubang pentil bagian dalam rim, kemudian masukan semua ban dalam ke roda. Dan kembalikan roda ke dalam rim dimulai dari mendorong pentil ke arah dalam dan tarik agar pas ditempatnya dan bagi pentil jenis france valve pasang mur pengunci pentil. gunakan telapak tangan dan sedikit tenaga untuk memasukan semua sisi roda kembali dalam rim, pastikan sebelumnya ban dalam tidak terjepit pada sisi roda. Kemudian pompalah roda sampai penuh dan eratkan penutup pentil.

Langkah Kelima
Pasang kembali roda pada crank. Langkah langkah dalam pemasangan baik itu roda depan atau belakang adalah kebalikan dari proses pelepasan roda dari crank, dan pastikan memasang kembali rem v-brake demi keselamatan goweser.

Semoga dengan kita bahas Cara Menambal Sendiri Ban Sepeda MTB ini goweser makin semangat untuk menjelajahi trek baru yang lebih menantang. Asal jangan lupa bawa peralatan tempur untuk menganti ban bocor dan kalau ingin lebih mudah bawa juga ban dalam cadangan. Salam gowes.

Produk Sepeda yang dicari :

cara menambal ban sepeda, cara tambal ban sepeda, cara menambal ban, alat tambal ban sepeda, tambal ban sepeda, lem tambal ban sepeda, cara menambal ban sepeda sendiri, Cara menambal ban dalam sepeda, tambal ban sepeda praktis, cara tambal ban sepeda sendiri

Produk terbaru