087895085317
087895085317
D24DE533
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Teori Singkat Tentang Ragam Jenis Sepeda #1

Saturday, September 6th 2014.

Mungkin karna fanatik akan satu jenis sepeda kita jadi mengabaikan informasi tentang tipe lainnya. Untuk menambah wawasan persepedaan, maka hari ini kita akan membahas Teori Singkat Tentang Ragam Jenis Sepeda. Dan bisa saja setelah ini goweser akan mempertimbangkan untuk mencoba mengayuh pedal sepeda jenis lainnya.

Baiklah kita mulai saja menelaah satu persatu jenis sepeda beserta fungsinya;

Road Bicycles


Road bicycles/ sepeda balap adalah sepeda yang diperuntukkan untuk goweser yang mengutamakan kecepatan dan jarak tempuh. Sepeda yang di desain sangat ramping dengan frame terbuat dari steel alloy/ alumunium/ ataupun serat carbon, ban yang bertekanan tinggi bertujuan untuk mengurangi rolling resistance,  setang/ drop handle bar yang aerodinamis bertujuan mengurangi wind resistance, sadel yang ramping bertujuan untuk kecepatan kayuhan menjadikan tenaga terpusat pada pedal, untuk efisiensi pesepeda balap umumnya mengunakan sepatu balap dan pedal clipless (tapi untuk pemula baiknya mengunakan pedal standard sampai mahir baru berpindah ke pedal clipless). Sepeda ini tidak cocok untuk jalur off road ataupun medan yang kasar.

Mountain Bicycle

Mountain bicycle/ MTB/ sepeda gunung adalah sepeda yang banyak digemari. Sepeda yang diperuntukkan untuk medan yang kasar, menanjak ataupun turunan. Dengan handle bar yang naik membuat postur goweser lebih tegak sehingga memudahkan dalam mengontrol laju sepeda. Dengan ban ramping 26″ meningkatkan daya cengkram membuat bersepeda di jalur kasar lebih mudah, dan sadel yang lebih lebar dan lembut dibandingkan dengan sadel sepeda balap. Framenya juga bermacam mulai dari cro-moly/ paduan baja, alumunium, serat karbon sampai titanium. Mountain bike juga memiliki rentang gear yang luas sampai 27 untuk menaklukan medan sesulit apapun.

MTB juga memiliki beberapa tipe yaitu:


1. Hardtail MTB, sepeda gunung tanpa suspensi baik untuk jalur single track


2. Front suspension MTB, sepeda gunung yang mempunyai suspensi pada roda depan saja baik digunakan pada jalur yang banyak turunannya


3. Dual suspension MTB, sepeda gunung yang memiliki suspensi pada roda depan dan belakang baik digunakan pada medan yang banyak mendaki dan menurun atau jalur off road

** Suspensi bermanfaat untuk melewati jalur kasar dimana tidak ada jenis sepeda lain mampu melintasinya, membuat bersepeda jadi nyaman dan terkontrol.

Dan sekarang ada tipe folding mountain bike, dimana sepeda gunung yang bisa di lipat, sangat fleksible dibawa kemana saja tanpa membutuhkan bagasi yang luas.

Hybrid Bicycle

Hybrid bicycle/ sepeda hibrida secara fitur adalah gabungan antara sepeda balap dan sepeda gunung, juga dikenal dengan nama citybike/ crossbike/ dan commuterbike. Sepeda yang didesain untuk keperluan sehari hari di perkotaan.

Handle bar pada sepeda hibrida  lebih tegak dibanding MTB, mengayuh pedal lebih ringan dengan diameter rim 700c dan roda yang lebih ramping, sadel lebih lebar dan empuk dibanding sepeda balap, umumnya dilengkapi gigi mencapai 24 speed juga front dan seat suspensi, dan berframe alumunium.

Kombinasi fitur pada sepeda hibrida bertujuan agar bersepeda lebih nyaman dibanding sepeda balap dan lebih mudah dalam urusan kayuhan pedal dibanding sepeda gunung, dengan kata lain sepeda ini adalah sepeda gunung yang dapat melaju kencang di jalan beraspal seperti sepeda balap.

Selain sepeda balap, sepeda gunung dan sepeda hibrida masih ada jenis sepeda lain seperti Cruiser Bicycle, Step Through Bicycle, Recumbent Bike, EZ Boarding Bike dan jenis lainnya akan kita bahas pada pertemuan mendatang. Salam gowes.

Produk Sepeda yang dicari :

foto sepeda balap terbaru, jual baju sepeda balap surabaya, sepeda road bike, nama lain dri jalur sepeda, baju roadbike, sepeda balap hitam, jenis ragam celana sepeda, teori bersepeda, harga sepeda balap putih, sepeda speed di batam

Produk terbaru