087895085317
087895085317
D24DE533
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Teori Singkat Tentang Ragam Jenis Sepeda #2

Sunday, September 7th 2014.

Pada artikel Teori Singkat Tentang Ragam Jenis Sepeda bagian 1 sebelumnya kita sudah membahas jenis sepeda; road bicycle, mountain bicycle dan hybrid bicycle. Sekarang mari kita lanjutkan membahas tipe sepeda lainnya.

Cruiser Bicycle

Cruiser bicycle merupakan sepeda retro empat puluhan, sepeda klasik yang biasa terlihat parkir di pantai ataupun taman.

Sepeda cruiser sendiri memiliki ban 26″ yang bertekanan rendah, sadel yang lebar dan empuk, frame berbahan alloy/ logam campuran atau steel/ besi, handle bar/ setang tinggi bertujuan agar posisi riding tegak yang baik untuk punggung goweser, umumnya memiliki gear single speed yang cocok melaju di jalan yang datar dan gear multiple speed untuk jalur menanjak/ turunan, mengunakan rem caliper standard dan atau sebagian masih old style coaster brakes; dimana rem tangan untuk roda depan dan coaster brake untuk ban belakang.

Step Through Bicycle

Step through bicycle atau dikenal juga dengan open frame atau low step frame adalah jenis sepeda yang top tube framenya rendah atau tidak ada top tubenya, dan atau cross bar. Pedal pada sepeda tipe ini memiliki desain pedal forward, dimana pedal lebih menjorok kedepan dari seat tube. Walau  memiliki desain frame yang berbeda tapi komponen dasar lainnya sama dengan jenis sepeda lain.


Sepeda ini dulunya dirancang untuk memudahkan wanita mengedarainya tanpa harus takut roknya robek, tapi berjalannya waktu sepeda ini juga dibuat untuk pria dengan top tube framenya lebih tinggi/ cross bar atau dikenal dengan diamond frame. Sepeda step through sangat tepat digunakan untuk goweser yang sudah berumur demi kenyamanan dan keselamatan bersepeda .

Sepeda Step through sekarang ini juga banyak modelnya, seperti;


1. Recumbent bike, adalah sepeda yang pengedaranya bisa berbaring nyaman disadel sambil mengayuh pedal dengan santai. sepeda recumbent juga banyak konfigurasinya seperti; panjang/ pendek dari wheelbase – besar/ kecilnya ukuran roda – underseat/ overseat atau tanpa hands streering – drive depan/ belakang roda. Dan sepeda ini juga memiliki varian Recumbent Tricycle/ recumbent roda tiga.


2. EZ Boarding bike, adalah sepeda commuter yang memiliki handle bar tegak, dilengkapi dengan chain guard berguna agar minyak pelumas rantai tidak mengenai pakaian, ada rak belakangnya, frame bermaterial alumunium, terpasang 8 speed shifter gear, dan tentu saja tanpa top tube frame dan pedal yang didesain maju dari sadel.


3. The Day 6 bicycle, adalah sepeda  semi recumbent, yang didesain untuk memenuhi kebutuhan goweser akan efisiensi dalam mengayuh pedal dan sekaligus kenyamakan posisi duduk dan punggung.
Frame sepeda ini di disain step through, handle bar tegak. Pedal yang menjorok kedepan. Sadel konvensional yang dinamai velo dengan ukuran lebar contour 11″ dan bench seat 17″. Mempunyai pilihan gear yang bervariasi dari 7, 8 dan 24 speed, dimana speed 7 dan 8 untuk medan datar dan mulus sedangkan speed 24 untuk medan yang lebih bervariasi keadaannya.

Untuk ragam jenis lainnya seperti Tandem Bicycle, Folding Bicycle, Electric Bicycle dan lainnya akan kita kupas pada pertemuan berikutnya. Salam Gowes.

Produk Sepeda yang dicari :

sepeda panjang, ragam sepeda, sepeda berbaring, sepeda tanpa pedal, jenis sepeda vintage, jenis sepeda santai, harga sepeda santai sadel 2, jenis 2 sepeda santai, sepeda yang sambil berbaring, foto sepeda klasik

Produk terbaru