087895085317
087895085317
D24DE533
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Tipe-tipe Handle Bar Sepeda MTB

Tuesday, September 23rd 2014.

Pada umumnya goweser sepeda gunung lebih banyak mengeluarkan budget untuk kebutuhan gear atau break saja, sedangkan untuk Handle Bar Sepeda MTB masih mengandalkan model lama padahal sekarang sudah bervariasi. Handle bar/ setang mempunyai peranan penting dalam bersepeda, memberikan efek pada posisi  mengarahkan sepeda serta aerodinamis. Oleh karena itu ada baiknya goweser mempertimbangkan memilih handle bar yang tepat untuk kontrol yang baik dan nyaman. Sekarang ini bahan untuk handle bar banyak mengunakan dari serat carbon yang lebih ringan dibanding alumunium, tetapi bagi yang menginginkan kekuatan lebih memilih besi. Dan dari apapun bahan dasar handle bar/ setang sepeda MTB yang dipilih semua kembali kepada selera goweser.

Tipe – Tipe Dari Handle Bar Sepeda MTB
Secara umum tipe dari setang/ handlebar sepeda gunung ada 2 macam, yaitu;


Flat handle bar/ setang lurus, merupakan tipe handlebar asli sepeda MTB, bentuknya sederhana dan dirancang lurus untuk kekuatan dan ketahanan. Dengan handle bar flat akan membuat posisi bersepeda goweser akan maju kedepan (agak membungkuk) dengan siku tertekuk. Handle bar flat cocok untuk trek climb atau cross country.


Riser handle bar/ setang bengkok,  biasanya digunakan untuk bersepeda gunung dengan gaya ekstrim, tetapi sekarang ini menjadi pilihan umumnya goweser MTB yang menginginkan posisi gowes duduk tegak dengan pegangan yang lebar. Raiser handlebar berbentuk lurus ditengah tetapi membengkok sedikit  kemudian lurus untuk tempat rem/ brakes dan pegangan/ grips, mampu meredam getaran sehingga mengurangi kelelahan pada lengan goweser saat melewati trek offroad yang berbatu. Handle bar rise/ bengkok biasa dipakai sepeda MTB untuk jenis trek all mountain, downhill, freeride, dan long travel cross country, semakin ektrim trek yang dilalui semakin dalam bengkok/ raise handle bar yang digunakan.

Lebar Dari Handle Bar Sepeda Gunung/ MTB


Sudah aturan baku kalau lebar handlebar/ setang itu sekitar 10 cm lebih lebar dari pundak goweser. Tapi ada juga sebagian yang memilih lebih panjang ataupun lebih pendek dari aturan baku lebar handle bar. Logikanya semakin lebar handle bar semakin mudah mengedalikan sepeda, tapi negatifnya tidak responsif jika hendak berputar cepat dan sering menyebabkan rasa sakit pada pergelangan tangan sampai kadang bisa berasa kebas. Untuk itu ada baiknya pilihlah handle bar yang sesuai dengan tipe sepeda gunung goweser miliki, handle bar yang lebarnya kurang dari aturan baku biasanya banyak dipakai pada sepeda MTB cross country, sekitar 55 sampai 60 cm. Sedangkan tipe sepeda gunung downhill memilih handlebar yang lebih lebar dari aturan baku.

Memilih Ukuran Clamp Handle Bar Sepeda Gunung


Handle bar sepeda gunung/ MTB memiliki 2 perbedaan ketebalan ditengahnya yang sesuai dengan ukuran clamp yaitu; ukuran tradisional 25,4 mm; dan ukuran jumbo 31,8 mm. Handle bar yang berukuran jumbo lebih berat dari ukuran tradisional tapi lebih kuat dan lebih kaku.

Menggunakan HandleBar Ends Atau Tidak


Kembali ke soal selera goweser apakah mempertahankan handle bar end atau membuangnya. Handle bar end sebenarnya  bermanfaat untuk mempermudah perubahan posisi pegangan agar pergelangan tangan tidak kebas dan itu artinya membuat gowesan sepeda MTBlebih nyaman. Jadi sebelum memutuskan untuk melepaskan end dari Handle Bar Sepeda MTB goweser baiknya di coba dulu. Salam gowes.

Produk Sepeda yang dicari :

jenis stang sepeda, jenis handlebar sepeda, handlebar sepeda, jenis stang sepeda mtb, harga handlebar mtb, stang sepeda gunung, jenis stang sepeda gunung, handlebar mtb murah, stang sepeda mtb, jual handlebar mtb

Produk terbaru