087895085317
087895085317
D24DE533
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Tips Memilih Ban Sepeda MTB

Monday, September 22nd 2014.

Ban Sepeda MTB adalah ban yang khusus untuk trek offroad, di disain dengan tombol tombol pada sisi luarnya yang berguna untuk daya cengkram roda di semua jenis jalur offroad, mulai dari jalur berkerikil sampai berlumpur. Ada 3 komponen dasar yang membentuk ban sepeda gunung, yaitu;
– bead, adalah pinggiran ban yang melekatkan ban ke rim sebagai penopang struktur ban. Umumnya roda sepeda MTB dibuat dari bahan kevlar ( serat sintetis aramid yang berdaya tahan tinggi dan lentur)
– Fabric, material yang  dijalin antara dua bead yang membentuk badan ban.
– Rubber, paduan karet yang melapisi fabric sebagai pematen, daya tahan dan penyerap guncangan.

Beberapa Faktor Pertimbangan Dalam Memilih Ban Sepeda MTB
1. Ukuran dan lebar roda


Ukuran roda terdapat 3 macam yaitu 29 inch atau dikenal dengan istilah 29er, 27.5 inch/ 650b dan 26 inchi. Sedangkan untuk lebar ban sangat menjadi faktor penting dalam medapatkan stabilitas dan kenyamanan saat melintasi trek yang penuh tantangan, lebar ban sepeda gunung cross country umumnya 1.8-2.2 inchi sedangkan untuk goweser aggressive all mountain dan downhill mengunakan ban dengan lebar 2.1-2.4 inchi.
Jika goweser hendak menukar ukuran ban sepeda pastikan ukuran ban selaras dengan rim sepeda gunung goweser. Dan setiap merek ban mempunyai perbedaan bentuk lebar ban walau sama ukuran, jadi bacalah keterangan yang dibuat pabrik untuk setiap ban sebelum memutuskan membeli.
2. Pilih ban tubeless/ UST atau non tubeless


Ban tubeless atau dikenal dengan ban UST adalah roda sepeda yang tidak mempunyai ban dalam, jadi dengan mengunakan sealant (semacam lem perekat) dan rim roda yang compatible dengan ban tubeless, konstruksi ban tubeless lebih berat karna bahan karetnya lebih padat sehingga mengurangi angin bocor dari ban.

Sekarang ban biasa juga bisa digunakan tanpa ban dalam dengan bantuan alat konversi buatan pabrikan, agar lebih mantap dalam memutuskan baca-baca dulu ulasan goweser yang sudah berpengalaman dalam mengkonversi ban biasa menjadi ban tubeless.
3. Ban depan dan belakang


Umumnya pabrikan roda sepeda memproduksi  ban depan dan ban belakang secara khusus, tapi tidak menutup kemungkinan goweser menempatkan ban depan menjadi roda belakang (visa versa). Tapi jika goweser ingin mendapatkan performa terbaik tempatkanlah roda depan untuk didepan dan roda belakang untuk dibelakang. Roda depan knobs-nya lebih vertikal bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan dan untuk daya cengkeram ketika berbelok, sedangkan knobs ban belakang lebih horizontal bertujuan untuk daya cengkram dan mengindari roda belakang berputar pada kondisi basah atau berlumpur.

Memilih Ban Sepeda Yang  Cocok Untuk Style Bersepeda MTB Goweser


– Untuk cross country, pilihlan knobs yang bentuknya lebih kecil dengan ban yang tidak terlalu lebar pada kondisi trek yang aman, dan untuk trek yang basah pilihkan roda yang knobs bannya lebih besar agar daya cengkram lebih kuat dengan lebar ban yang lebih untuk menyapu lumpur.


-Untuk trail, pilihlah ban yang pakem dan lebih kuat dibanding ban motor cross. Dengan ban yang lebar, karet yang lebih lembut untuk tetap bertahan di trek berkerikil dan berdaya tahan tinggi.

Tekanan Udara Ban Off-Road


Ban sepeda MTB Off-road biasanya ditandai dengan range tekanan udara mulai dari level minimum untuk goweser yang mempunyai berat badan rata rata sampai pada tekanan maximal, dan jangan melewati batas maksimal demi keselamatan goweser sendiri. Salam gowes.

Produk Sepeda yang dicari :

ban sepeda tubeless, ukuran ban sepeda, sepeda ban besar, harga ban sepeda, ban sepeda, harga sepeda ban besar, ban sepeda mtb terbaik, ban sepeda tubles, ban tubeless sepeda, harga ban sepeda biasa

Produk terbaru