085776699868
085776699868
Customer service
Menu
Jersey Sepeda - Celana Sepeda - Helm Sepeda - Aksesoris Sepeda

Tips Menyetel Sadel Sepeda Untuk Kenyamanan Bersepeda

Friday, July 10th 2015.

Salah satu hal yang mendukung kenyamanan bersepeda adalah posisi sadel sepeda yang tepat. Jika terjadi kesalahan dalam penyetelan sadel sepeda, maka efeknya akan sangat terasa ketika harus bersepeda jarak jauh maupun jarak menengah. Posisi sadel yang tidak tepat membuat energi pesepeda terkuras, kayuhan atau pedaling tidak optimal dan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu. Nah, untuk setelan sadel yang tepat sebaiknya simaklah tips menyetel sadel sepeda berikut ini.

setting sadel

  • Penyetelan sadel dengan menggunakan metode heel atau tumit

Metode penyetelan ini paling banyak digunakan di toko-toko sepeda dan juga dipakai oleh para trainer sepeda. Untuk melakukan penyetelan sadel sepeda dengan metode ini, posisikan tumit sepatu pada pedal. Lantas atur ketinggian sadel sepeda hingga kaki berada di posisi lurus pada bagian bawah siklus pedal dengan posisi panggul horizontal.

Sayangnya, metode penyetelan sadel sepeda ini tidak selalu menghasilkan posisi sadel yang tepat. Pada beberapa kasus, metode penyetelan sadel ini menghasilkan posisi sadel yang terlampau rendah atau terlalu tinggi sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang. Namun tidak ada salahnya mencoba metode ini, mungkin saja Anda akan berhasil mendapatkan posisi sadel yang tepat dengan postur tubuh.

  • Melakukan pengukuran panjang kaki

Tips menyetel sadel sepeda berikutnya adalah dengan mengukur panjang kaki. Sepertinya hal ini terlihat sepele, namun perlu dilakukan demi kenyamanan saat bersepeda. Pertama-tama ukurlah panjang kaki dengan menggunakan meteran. Ukurlah untuk mengetahui panjang kaki mulai dari telapak kaki sampai dengan pangkal kaki. Lantas ukurlah selisih antara pedal sepeda dengan panjang kaki dan catatlah selisih ukuran ini.

Selanjutnya tarik meteran ke atas yaitu dari bagian poros buttom bracket sampai ke sadel sepeda. Lalu sesuaikan ketinggian sadel sepeda dengan selisih ukuran yang sudah dicatat sebelumnya. Ukuran ini tak lain adalah titik maksimum saat kaki mengayuh pedal sepeda. Bila dalam posisi sadel ini masih terasa kurang nyaman, cobalah untuk menurunkan ketinggian sadel. Tetapi pastikan posisi kaki harus nyaris lurus saat Anda naik ke atas sadel dan telapak kaki pedal di arah 1800.

  • Mengukur panjang inseam

Metode penyetelan sadel sepeda ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan posisi sadel yang nyaman. Inseam atau panjang kaki bagian dalam bisa diukur mulai dari selangkangan kaki sampai ke tanah. Dari hasil pengukuran tersebut, selanjutnya kalikan dengan 109%. Dari ukuran inilah bisa diperoleh ketinggian sadel dihitung ketika pedal berada di posisi pukul 6 sampai dengan titik paling atas dari sadel sepeda.

  • Menggunakan cara kuno dengan mengukur panjang lengan

Tips ini bisa digunakan jika Anda ingin dengan cepat menyetel sadel sepeda. Ukurlah ketinggian sadel sepeda dengan menggunakan panjang lengan. Tempelkan ketiak di bagian atas sadel lalu lengan dijulurkan ke bawah. Cara ini tergolong kuno, namun sebagian orang masih menggunakannya untuk mendapatkan posisi sadel sepeda yang nyaman.

Nah, jika sadel sepeda sudah disetel berbekal tips menyetel sadel sepeda tersebut, sebaiknya jangan buru-buru menggunakan sepeda untuk menempuh jarak yang jauh. Sebaiknya pakailah sepeda untuk jarak pendek atau menengah terlebih dahulu untuk memastikan tingkat kenyamanannya. Bila sudah terasa nyaman, barulah sepeda siap digunakan untuk menempuh jarak jauh. Hal ini tak lain untuk menghindari resiko cedera, energi yang terlampau terkuras dan pedaling yang tidak efisien akibat posisi sadel yang tidak tepat.

Produk Sepeda yang dicari :

cara menyetel sadel sepeda, ukuran tinggi sadel sepeda, cara setting sadel sepeda, cara menurunkan sadel sepeda, cara mengatur sadel sepeda, posisi sadel sepeda mtb, cara mengukur ketinggian sadel sepeda, cara setel sadel sepeda, cara setel baju clana, tinggi sadel sepeda

Produk terbaru